Jangan Sepelekan Karyawan, Kuncinya 10Cs!

JAKARTA - Jangan sepelekan kontribusi karyawan terhadap perusahaan. Sebab karyawan adalah aset. Untuk itu, perlu ditilik lagi, apakah karyawan sudah dikembangkan secara tepat?

Bagi sebuah perusahaan, keterlibatan karyawan (employee engagement) sangat diperlukan dalam upaya mencapai visi dan misi perusahaan tersebut.

Direktur Eksekutif Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) Business School Budi W Soetjipto menjelaskan, keterlibatan karyawan merupakan sikap yang ditunjukkan oleh karyawan ketika mereka tertarik, terinspirasi, serta memiliki komitmen dan mencintai apa yang mereka kerjakan dan organisasi tempat mereka melakukan pekerjaan tersebut.


"Keterlibatan karyawan baik secara emosi maupun fisik sangat penting agar mereka bekerja dengan penuh kesadaran untuk mencapai tujuan organisasi bersama-sama," papar Budi dalam diskusi terbuka Employe Engagement for Competitive Advantage , di Hotel Nikko, Jakarta, Rabu (20/10/2010).

Budi menjelaskan, Seitjs dan Crim (2006) merumuskan sepuluh kredo (pernyataan kepercayaan/keyakinan) dalam dunia bisnis yang menjadi kunci peningkatan keterlibatan karyawan (employee engagement).

Kesepuluh kredo yang dikenal dengan nama 10Cs, yang terdiri dari connect, career, clarity, convey, congratulate, contribute, control, collaborate, credibility, and confidence.

Connect
diterjemahkan sebagai penghargaan yang diberikan seorang pemimpin kepada karyawannya atas performa kinerja mereka. Hubungan antara pemimpin dan karyawan yang rapuh akan mempengaruhi performa karyawan untuk bekerja secara maksimal.

Pada kredo career, pemimpin harus mampu memberikan pekerjaan yang dapat menantang kemampuan karyawan untuk peningkatan jenjang karier. Sementara clarity merupakan kemampuan pemimpin mengkomunikasikan visinya dengan jelas. Pemimpin juga harus mampu menjelaskan ekspektasi yang dimilikinya kepada para karyawan dan memberikan feedback atas setiap peran karyawan di dalam organisasi tempatnya bekerja (convey).

Congratulate merupakan momen ketika seorang pemimpin memberikan pujian atas prestasi para karyawannya. Tidak hanya itu, fase ini juga menekankan pentingnya kemampuan para pemimpin dalam melatih dan meyakinkan para karyawan bahwa mereka mampu melakukan tugasnya.

Tidak hanya itu, pemimpin yang baik juga adalah dia yang mampu membuat karyawannya melihat kontribusi mereka dalam kesuksesan organisasi (contribute). Pemimpin pun harus mampu mendelegasikan fungsi kontrol (control) kepada tiap karyawan dalam menjalankan pekerjaan mereka. Tentunya dengan terlebih dulu mengarahkan mereka dalam pekerjaannya.

Pemimpin yang baik adalah seorang team builder yang dapat menciptakan kondisi penuh kepercayaan antaranggota dalam timnya (collaborate). Dia juga harus terus berusaha mempertahankan reputasi organisasi dan mendemonstrasikan standar etika yang tinggi (credibility).

Sementara, kredo terakhir adalah confidence. Kredo ini diartikan sebagai kemampuan para pemimpin perusahaan untuk menciptakan kepercayaan diri dalam organisasi dengan menjadi contoh atas performa dengan etika yang baik.

Kesepuluh kredo ini terbukti telah mampu meningkatkan semangat para karyawan dalam mencapai visi organisasi. Head of HR Department Nokia Siemens Network Indonesia Irvandi Ferizal menyatakan, keterlibatan karyawan telah terbukti secara statistikal berhubungan dengan produktivitas, profibilitas, employee retention, keamanan, serta kepuasan pelanggan.

"Bahkan untuk industri seperti kami pun, ada korelasi positif yang terlihat antara keterlibatan karyawan pada proses usaha dan kepercayaan pelanggan serta peningkatan penjualan. Karena pada intinya, karyawan dilibatkan sejak target ditetapkan," imbuh Irvandi.

Senada dengan Irvandi, Division Head of Corporate Human Capital Garuda Food Indonesia Andre V Wenas menilai, ketika seorang karyawan berkomitmen pada pekerjaannya, maka mereka akan bersemangat dalam pekerjaan itu. "Semangat ini kemudian akan tercermin dalam sikapnya di tempatnya bekerja dan terlihat dalam interaksinya dengan pelanggan," papar Andre.(rhs)
sumbernya " http://kampus.okezone.com/read/2010/10/20/370/384665/jangan-sepelekan-karyawan-kuncinya-10cs

Previous
Next Post »

Kalo ada salah kata tolong kasih komentar aja gan, terimakasih telah berkunjung. EmoticonEmoticon