Bantarkawung, Brebes

Bantarkawung adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Mayoritas penduduk Bantarkawung bersuku Sunda. Dari sekian banyak kelurahan hanya Kelurahan Pangebatan yang mempunyai penduduk bersuku Jawa, itupun tidak seluruh dusunnya.

Kecamatan ini terletak di bagian selatan wilayah Kabupaten Brebes, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap. Seperti halnya di daerah sekitarnya, mayoritas penduduk Bantarkawung merupakan Suku Sunda. Hanya di desa Pangebatan yang terdapat Suku Jawa.
Kecamatan Bantarkawung terdiri atas 12 desa. Dusun Buaran di Desa Pangebatan adalah pusat kegiatan ekonomi masyarakat Bantarkawung bagian timur. Di dekatnya terdapat tempat wisata Pemandian Air Panas Cipanas.

Seni dan budaya

Kebudayaan yang memperlihatkan bahwa sebagian besar penduduk Bantarkawung bersuku Sunda, adalah bahasa sehari-hari yang mereka pakai, jenis kesenian dan permainan anak-anak yang ada di sana. Desa Jipang merupakan pusat budaya bernuansa Sunda, seperti seni calung, karawitan (sinden), wayang golek, dsb.
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Brebes
Camat
Luas - 20.500 Ha
Jumlah penduduk -
 - Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 17  









Desa Kelurahan,
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

Kalo ada salah kata tolong kasih komentar aja gan, terimakasih telah berkunjung. EmoticonEmoticon